Tips Fotografi Portrait

Fotografi portrait atau potret adalah pengambilan gambar rupa seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana wajah dan ekspresi adalah dominan. Tujuannya adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan perasaan subyek. Fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi terdiri dari seseorang dalam posisi diam.

Mengambil gambar dengan subyek manusia adalah sebuah bentuk seni yang menarik, ada beberapa tips fotografi dasar yang mungkin bisa membuat hasil gambar potret lebih baik.

Komposisi dan Pengaturan

Kita bisa mengeksplorasi ratusan tips fotografi di internet untuk menghasilkan gambar yang menampakkan kepribadian atau ciri subyek, dari semuanya, hal yang paling penting dalam mengambil gambar dengan subyek manusia adalah komposisi dan pengaturan.

Ketika kita membuat komposisi untuk potret, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Yang pertama adalah seberapa dekat kita dengan subyek, kemudian berapa banyak bagian frame yang kita inginkan untuk diisi dengan subyek. Apakah kita ingin menangkap detail ekspresi wajah atau ciri fisik yang menarik dan unik dari subyek tersebut? Jika demikian, menemukan cara untuk mengisi frame dengan wajah atau tubuh subyek adalah kuncinya. Luangkan waktu untuk berpikir tentang mengapa kita ingin mengambil gambar dari orang tersebut dan apa yang menarik darinya. Ini akan menentukan bagaimana kita mengatur pengambilan gambar.

Kontak Mata

Setelah mengatur pengambilan gambar, kita juga bisa bereksperimen dengan subyek melakukan kontak mata langsung atau berpaling dari kamera. Kontak mata langsung pada gambar potret menggambarkan intensitas kepribadian sementara subyek yang berpaling dari kamera dan menerawang ke tempat yang jauh dapat menggambarkan perasaan, renungan, atau keinginan.

Lighting

Pada disiplin fotografi potret pencahayaan mempunyai peran penting. Menemukan cara yang unik untuk menerangi ciri khas subyek dapat menghasilkan gambar potret yang dramatis. Lakukan percobaan dengan menggunakan cahaya dari samping subyek atau dari bawah wajahnya untuk menghasilkan bayangan yang menonjolkan detail wajah dan tubuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s