Berhati-hatilah Dengan Cuaca Ekstrim

Hujan dan terik matahari tidak hanya berdampak bagi tubuh manusia, tetapi pada kamera digital juga. Kita harus melindungi kamera seperti tubuh kita agar kamera tersebut tetap berfungsi dengan baik. Kita tidak harus meninggalkan kamera di rumah pada saat melakukan travelling pada cuaca yang ekstrim, tapi kita harus menyiapkan kamera dengan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk melakukannya.

  1. Jangan pernah meninggalkan kamera di kendaraan pada saat cuaca sangat panas: Layar LCD cenderung mati jika terkena panas tinggi. Jika kita terpaksa harus meninggalkannya di dalam kendaraan, lindungi kamera dengan sesuatu seperti sepotong kain atau tas khusus untuk kamera slr agar kamera tetap dalam keadaan sejuk. Selanjutnya, tempatkan kamera jauh dari panas langsung dengan menyembunyikannya di bawah kursi.
  2. Pelindung ketika melakukan fotografi outdoor: Katakanlah kita berada di ruangan terbuka menikmati suasana di siang hari sambil mengambil foto, kita mungkin akan meletakkan kamera digital di sembarang tempat tanpa naungan payung, itu salah satu penyebab kematian kamera. Menengadahkan kamera ke sinar matahari secara langsung langsung untuk waktu yang lama saat kita tidak sedang mengambil foto dapat menyebabkan kerusakan parah. Berhati-hatilah untuk selalu menjauhkan kamera dari sinar matahari langsung.
  3. Kondensasi cuaca dingin: Membawa kamera digital keluar saat kondisi cuaca sedang dingin bisa membahayakan kamera jika tidak melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Lensa yang fogging (mengembun) dan kehilangan daya baterai merupakan akibat kamera digital terkena suhu yang dingin. Baterai tidak baik jika ditempatkan pada tempat yang basah! Tempatkan kamera dalam tas khusus atau semacamnya untuk mengisolasi kamera dari suhu dingin. Bila tidak sedang menggunakan kamera, tetap simpan kamera pada suatu tempat yang dapat terlindung dari suhu dingin.

Meskipun begitu, berhati-hatilah untuk tidak membuat kamera terlalu hangat, karena hal ini dapat menyebabkan kelembaban. Juga, ketika membawa kamera saat bepergian, berikan beberapa waktu untuk penyesuaian suhu, jangan dipanaskan secara instan, tetapi tempatkan kamera agar suhu menghangat secara bertahap.

Kita bisa bersenang-senang dengan kamera jika kamera tersebut dapat digunakan, oleh karena itu hindarkan kamera dari risiko kerusakan sekecil mungkin. Awasi kamera terhadap kondisi ekstrim! Kamera digital memiliki begitu banyak komponen elektronik yang bisa rusak sebagaimana baterai dan lensa.

Hal yang paling penting adalah memastikan bahwa kelembaban dari kondensasi, dan panas yang ekstrim dari sinar matahari langsung selalu diperhatikan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s