Apa Itu Focal Length?

Focal length didefinisikan sebagai jarak dari pusat optik lensa ke titik fokus yang terletak pada sensor dalam satuan mm. Lensa kamera memproyeksikan hasil jepretan ke sensor. Bidang pandang atau Field of View (FoV) ditentukan oleh sudut pandang dari lensa ke kondisi nyata yang dapat diukur secara horizontal atau vertikal. Sensor yang lebih besar memiliki FoV yang lebih luas dan dapat menangkap obyek yang lebih luas.

Focal LenghtUntuk mengambil gambar dengan fokus yang tajam, lensa harus menyesuaikan jarak antara pusat lensa dengan sensor, untuk menempatkan film pada bidang gambar. Hubungan antara focal length (f), jarak dari pusat lensa ke objek (S1), dan jarak dari pusat lensa ke sensor (S2) adalah sebagai berikut:

Focal Length

Saat S1 adalah menurun, S2 harus ditingkatkan. Sebagai contoh, sebuah lensa normal dengan focal length f = 50 mm yang digunakan untuk mengambil gambar sebuah obyek yang jauh, pusat lensa harus berada pada jarak S2 = 50 mm dari sensor. Sedangkan untuk mengambil gambar obyek yang berjarak 1 m (S1 = 1000 mm), lensa harus dipindahkan 2,6 mm lebih jauh dari sensor, atau S2 = 52,6 mm. Jarak S2 tersebut didapat dari persamaan 1/S2 = 1/50 – 1/1000.

Lensa dengan focal length 50mm disebut “normal” karena tanpa mengalami pengurangan atau pembesaran dan mengasilkan gambar persis seperti cara kita melihat obyek dengan mata telanjang (mempunyai sudut pandang atau picture angle sebesar 46 °).

Lensa wide angle (focal length pendek) menangkap lebih banyak obyek karena mereka memiliki picture angle yang lebih luas, sementara lensa tele (focal length panjang) memiliki picture angle yang sempit. Berikut adalah beberapa contoh umum focal length:

> 20mm Super Wide Angle
24mm – 35mm Wide Angle
50mm Lensa Normal
80mm – 300mm Tele
> 300mm Super Tele

Suatu perubahan dalam focal length memungkinkan kita untuk mendekat atau menjauh dengan subyek dan oleh karena itu akan secara tidak langsung berpengaruh pada perspektif.

Optical Zoom

Optical zoom = focal length maksimum/focal length minimum

Misalnya, optical zoom dari lensa 28-280mm adalah 280mm/28mm atau 10x. Ini berarti bahwa ukuran dari subyek yang diproyeksikan pada permukaan sensor kamera dengan pengaturan focal length 280mm (tele) akan sepuluh kali lebih besar dibandingkan dengan lensa yang mempunyai focal length 28mm (wide angle). Optical zoom tidak sama dengan zoom digital.

Digital zoom merupakan metode penyempitan sudut pandang terhadap obyek. Hal ini dilakukan dengan melakukan crop pada gambar ke area tertentu dengan aspek rasio yang sama seperti aslinya. Karena biasanya hasilnya juga diinterpolasi kembali ke dimensi pixel yang asli, kualitas yang didapat sangat jauh menurun jika dibandingkan dengan gambar original.

Iklan

2 responses to “Apa Itu Focal Length?

  1. Sangat bermanfaat bro namun ilustrasinya sedikit kurang, coba ke http://tommyvotograph.wordpress.com/2012/07/24/memahami-focal-length/#more-550 mungkin ilustrasi dari saya sedikit membantu d^^,

  2. Berati focal lenght itu berpengaruh untuk soal “zoom” ya min?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s