Fotografi Pada Pencahayaan Rendah

Kita sangat sering menemukan situasi di mana cahaya yang sangat rendah sehingga membuat pengambilan gambar menjadi lebih sulit, dalam artikel ini kita akan membahas beberapa tips fotografi pada lingkungan cahaya rendah. Kita dapat menemukan lingkungan dengan cahaya rendah baik di dalam maupun luar ruangan.

Biasanya ketika kita mengambil foto di dalam ruangan, kita berhadapan dengan tingkat pencahayaan yang sangat rendah. Sedangkatn pada fotografi outdoor, kita dapat mengalami kesulitan ini karena waktu, atau faktor lingkungan yang mungkin menghalangi sinar matahari seperti ketika kita mengambil gambar di lembah atau hutan. Sebagian besar tips fotografi yang berurusan dengan tingkat pencahayaan rendah berfokus pada pengaturan kamera.

Meningkatkan Shutter Speed

Hal ini mungkin tampak sepele, tetapi perlu dicatat. Shutter speed kamera perlu disesuaikan untuk menghindari blur pada situasi pencahayaan rendah. Pengaturan yang biasa digunakan, adalah 1/200th atau 1/250. Jika menggunakan lensa wide angle, kita dapat menggunakan shutter speed 1/50, namun perlu dilakukan uji coba untuk memastikan apakah pengaturan tersebut cukup untuk mencegah munculnya blur.

Tempatkan Kamera Pada Tripod

Salah satu tips fotografi yang paling sederhana untuk menangkap gambar yang tajam dalam lingkungan cahaya rendah adalah dengan menggunakan tripod. Dengan memastikan penempatan kamera yang stabil, akan membantu menghilangkan blur yang disebabkan oleh gerakan tangan. Jika tidak memiliki tripod, dapat diganti dengan menempatkan kamera pada permukaan yang datar.

Penurunan Pengaturan Aperture

Dalam situasi cahaya rendah, perlu dicoba untuk menggunakan tingkat aperture, atau f/stop, yang paling rendah. Pengaturan ini membuka aperture pada kondisi terlebar dan memungkinkan semua cahaya yang tersedia untuk melewati lensa ke dalam kamera. Kebanyakan lensa memiliki tingkat aperture terendah pada f/3.5, namun, tapi pada lensa kelas profesional yang lebih mahal, pengaturan aperture lensa sampai ke f/1.2.

Tangan yang stabil (atau tripod) dan beberapa pengaturan adalah yang kita butuhkan untuk mengatasi tantangan fotografi pada pencahayaan rendah. Dengan menggunakan tips ini, kita dapat mengatasi kendala ini dan menghasilkan gambar yang tajam tanpa menggunakan pencahayaan buatan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s