Mode Dasar Kamera

Kamera digital biasanya tidak sekedar memiliki mode otomatis saja. Jangan ragu untuk menggunakan mode lainnya, Kita dapat melakukan percobaan dan menemukan mode yang terbaik untuk mengambil gambar, oleh karena itu akan sangat membantu jika kita mengenali kamera yang kita gunakan. Jadi, baca juga buku manual kamera!

Kekeliruan yang umum dilakukan oleh pemilik kamera digital baru adalah selalu menggunakan pengaturan otomatis. Pelajarilah mode pengambilan gambar yang ada pada kamera, ketahui kegunaannya dan cobalah. Berikut adalah ikhtisar singkat dari beberapa mode pengambilan gambar yang banyak terdapat pada kamera digital.

Mode Scene

Mode scene membiarkan kamera dan kita memilih bagian masing-masing. Beberapa kamera memiliki beberapa pilihan scene yang dapat kita pilih, dan kemudian biarkan kamera memutuskan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mode ini cocok untuk pemula fotografi digital.

Mode Priority

Seperti mode scene, mode ini menyesuaikan pilihan fotografer dan kamera. Aperture priority dan shutter speed priority memiliki perbedaan di mana pada aperture priority fotografer hanya mengatur aperture tanpa harus mempertimbangkan shutter speed; sedangkan pada shutter speed priority fotografer memilih pengaturan shutter speed dan kamera menyesuaikan pengaturan aperture-nya.

Mode Manual

Mode ini jelas tidak akan menjadi pilihan utama jika kita baru belajar dalam fotografi. Menggunakan mode manual, berarti harus bereksperimen serta membaca dan memahami spesifikasi kamera yang digunakan. Pengetahuan kita akan bertambah seiring berjalannya waktu, praktik, dan pembelajaran.

Seperti yang telah kita bahas, ada beberapa mode pada kamera yang bisa kita pilih. Bagi saya, yang favorit adalah mode scene. Anda akan menemukan favorit Anda juga.

Dapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang kamera digital kita, ini akan membuka cakrawala baru bagi kita dalam fotografi. Jangan lupa belajar dari website, buku, majalah, bahkan saran pribadi untuk menemukan titik di mana kita merasa nyaman dengan mode yang kita pilih (selain otomatis, tentunya).

Iklan

3 responses to “Mode Dasar Kamera

  1. shodiq kangen rumah

    wah, gut baget ini. sbagai tukang poto pemula harus ngikuti tyus dunk….

  2. shodiq kangen rumah

    wah, gut baget ini. sbagai tukang poto pemula harus ngikuti tyus dunk….

  3. shodiq kangen rumah

    saya sangat terbantu.
    barakallah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s