Posisi Tepat Memegang Kamera

Memegang kamera dengan cara yang benar akan mengurangi risiko terjadinya kesalahan pada pengambilan gambar. Setidaknya, mencegah kamera bergerak yang akan menimbulkan efek blur pada gambar. Sebenarnya memegang saku lebih sulit jika dibandingkan dengan kamera DSLR, karena ukurannya yang kecil sehingga mudah bergerak.

DSLR memiliki bentuk sedemikian rupa sehinnga lebih sesuai ditempatkan dalam genggaman tangan, sedangkan kamera saku tidak demikian. Lagipula, beberapa kamera saku tidak memiliki viewfinder tetapi menggunakan layar LCD yang berukuran relatif besar. Tampilan LCD memaksa kita untuk memegang kamera jauh dari tubuh, hal inilah yang menyebabkan posisi kamera saku lebih tidak stabil.

Posisi Tepat Memegang Kamera
Siku di sisi badan dan tidak mengambang

Tangan jangan ‘mengambang’ ketika memegang kamera. Pertahankan siku dengan kuat di sisi badan untuk memberikan stabilitas. Jika ada, gunakan pohon, meja, kursi atau hal semacam itu, agar posisi kamera lebih stabil. Dengan demikian, tangan kita akan lebih nyaman dan lebih kecil kemungkinan untuk terjadi pergerakan yang tidak diinginkan.

Saat mengambil gambar potret, tempatkan kamera di tangan kiri dan membantunya dengan tangan kanan. Periksa apakah tangan kita mengenai lensa atau lampu flash sebelum menekan tombol shutter.

Gunakan Kaki Sebagai Tripod

Seperti tripod, kaki harus dibuka lebar, sehingga posisi yang didapat lebih stabil dalam menahan berat tubuh dan kamera. Ketika berlutut, tempatkan siku pada lutut agar lebih stabil. Selanjutnya, ambil napas dalam-dalam sebelum menekan tombol shutter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s