Mendapatkan Exposure Yang Tepat

Dalam fotografi, exposure berarti jumlah cahaya yang diterima sensor kamera digital. Pada kamera modern, exposure biasanya diatur otomatis secara default, dan seringkali menghasilkan foto yang indah. Meskipun demikian, ada saat-saat di mana kita ingin menghasilkan efek tertentu, sehingga perlu dipahami apa exposure sebenarnya.

Mendapatkan exposure yang tepat berarti mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang relevan dari subyek. Dalam gambar burung sebelah kiri, informasi pentingnya adalah burung. Pada gambar tersebut langit telah benar-benar berwarna putih, jauh lebih terang daripada burung. Jika informasi yang dianggap penting adalah langit, maka burung itu akan ditampilkan sebagai siluet hitam saja.

Meskipun exposure telah tepat, masih ada masalah di mana kamera terkadang tidak dapat menangkap seluruh rentang kontras (hitam ke putih) seperti yang dilakukan oleh mata kita. Terutama oleh mata yang telah beradaptasi dengan kontras tinggi. Pada hari yang cerah, jika kita melihat ke daerah yang gelap (atau redup) kemudian berpindah ke daerah terang, iris mata dengan cepat akan beradaptasi sehingga kita bisa melihat detail daerah tersebut.

Karena mempunyai tugas menangkap informasi sebanyak mungkin, kamera akan mencoba untuk mengetahui nilai rata-rata semua tingkat cahaya dan menyesuaikan exposure.

Mode Auto Exposure

Para produsen telah melengkapi kamera dengan sistem pengukuran cahaya yang cerdas untuk memberikan pilihan pada fotografer di mana titk utama dari gambar tetapi kadang tidak menjamin dapat menghasilkan exposure yang tepat setiap waktu.

Tips – menggunakan auto exposure.

Jika memiliki kamera modern, kemungkinan pengaturan default-nya adalah ‘center weighted average’, yang berarti bahwa pembacaan cahaya dilakukan di seluruh frame, tetapi apa yang ada di tengah frame lebih diprioritaskan.

Ketika kita menekan separuh tombol shutter hingga berbunyi ‘bip’, bukan hanya fokus yang ditetapkan (pada kamera dengan fokus otomatis) tapi juga dilakukan pembacaan exposure sehingga aperture dan shutter speed dapat disesuaikan. Jika titik utama tidak di tengah frame, pindahkan posisi kamera sambil tetap menahan separuh tombol shutter sampai komposisi gambar yang dihasilkan sesuai dengan keinginan kita.

Pada umumnya teknik ini digunakan ketika mengambil gambar dari jarak dekat dengan subyek dua orang yang saling berdekatan, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, kamera akan fokus pada dinding atau pohon berada di belakang mereka. Jika latar belakang sangat gelap atau sangat terang, hal ini dapat mengubah exposure secara signifikan dan menghasilkan wajah yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Warna kulit merupakan bagian dari gambar yang diinginkan agar mendapatkan tone warna yang tepat, oleh karena itu warna kulit biasanya digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ‘average tone’. Jika memotret sekelompok orang dalam kondisi lingkungan yang sulit, misalnya sinar matahari yang terlalu cerah, sebaiknya kita mendekat sehingga pembacaan cahaya bisa didapatkan dari wajah seseorang, atau jika tidak berhasil, pembacaan cahaya dapat dilakukan dengan memanfaatkan punggung tangan kita.

Mode Manual Exposure

Jumlah cahaya yang diterima sensor dipengaruhi oleh empat hal:

  1. Jumlah cahaya yang dipantulkan.
  2. Shutter speed.
  3. Aperture.
  4. ISO (tingkat kepekaan sensor)

Mengapa menggunakan manual exposure?

Keuntungan dari manual exposure adalah nilainya akan tetap meskipun subyek yang difoto berubah. Misalnya saat mengambil potret orang, beberapa orang memakai pakaian yang sangat gelap dan lainnya mengenakan pakaian terang. Jika kita tidak hati-hati, pengaturan exposure akan terpengaruh oleh warna pakaian.

Meskipun tidak selalu diperlukan menggunakan manual exposure, pemahaman tentang bagaimana exposure bekerja akan membuat waktu pengambilan gambar menjadi lebih efisien.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s