Menggunakan EXIF Data

Istilah yang kita bahas pada artikel ini adalah EXIF data. EXIF singkatan dari ‘Exchangeable Image File ” adalah data yang tersimpan pada kamera mengenai berbagai informasi dari sebuah gambar. Informasi tersebut tersimpan ketika kita mengambil gambar dengan format JPEG (atau TIFF). Hampir semua produsen kamera mendukung EXIF.

EXIF data ​​yang terkait dengan gambar dapat ditemukan dengan beberapa cara.

  1. Pertama jika gambar masih disimpan pada kartu memori di kamera, kita dapat melihatnya di sana. Pada DSLR Canon kita bisa melakukannya dengan menekan tombol ‘info’ saat berada pada mode preview. Selanjutnya kamera akan memberikan rangkaian informasi tentang gambar termasuk shutter speed, aperture, tanggal dan waktu pengambilan gambar, dll.
  2. Cara lain untuk melihat sebuah gambar EXIF ​​data adalah menggunakan komputer dengan cara klik kanan pada file gambar dan pilih ‘properties’ (atau ‘get info’ pada Mac).
  3. Cara terakhir melihat EXIF ​​data adalah melalui software pengeditan gambar. Misalnya, Adobe Bridge, Adobe Lightroom, Photoshop Elements, dsb. Berikut ini adalah contoh informasi yang didapat dari EXIF data:
EXIF Data

EXIF Data

Dengan demikian kita dapat melihat beberapa informasi tentang gambar yang diambil termasuk kamera yang digunakan, resolusi, waktu dan tanggal pengambilan gambar, shutter speed, ISO, dan aperture. Jika dilanjutkan ke bawah, bahkan akan diketahui focal length yang digunakan.

Kamera yang dan software yang berbeda akan memberikan tampilan EXIF data yang berbeda-beda, tetapi sebagian besar akan memberikan informasi dasar tentang pengambilan gambar yang dilakukan.

EXIF data ini sangat berguna dalam berbagai hal – yang utama adalah membantu fotografer untuk membandingkan pengambilan gambar untuk mencari tahu apa yang dilakukan telah benar atau salah.

Mempelajari EXIF data ​​mungkin bukan sesuatu ingin kita lakukan pada setiap gambar, tetapi ketika kita memulai belajar fotografi digital, fitur tersebut akan sangat berharga dan yang perlu diingat untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang fotografi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s