Apa Itu Prime Lens?

Bagi yang tidak terbiasa dengan istilah ‘prime lens’ – mungkin inilah definisi sederhananya. Sebuah prime lens adalah lensa satu focal length saja (berbeda dengan zoom lens yang mempunyai cakupan focal length). Prime lens memiliki bermacam-macam focal length dari lensa wide angle sampai lensa tele-foto yang biasa digunakan oleh fotografer olahraga dan paparazzi.

Meskipun zoom lens adalah yang paling populer saat ini, bahkan dijadikan kit (perlengkapan) standar bagi kebanyakan DSLR – prime lens masih mempunyai penggemarnya sendiri.

Alasan utama menggunakan prime lens adalah:

  • Maksimum Aperture – salah satu alasan yang mendasari fotografer menggunakan prime lens adalah adalah speed yang ditawarkan. Misalnya, lensa tercepat pada lensa Canon adalah model prime lens (aperture mencapai f/1.2).
  • Kualitas – prime lens dikenal memiliki optik yang canggih dan berkualitas. Lensa tersebut umumnya memiliki bagian yang tidak mudah bergerak, sehingga produsen bisa berkonsentrasi dalam upaya mereka meningkatkan kualitas optik dan mekaniknya.
  • Harga – pada umumnya, prime lens lebih sederhana dalam hal konstruksi dan akibatnya harganya lebih murah.
  • Berat – karena konstruksi yang lebih sederhana dapat diartikan bahwa kebanyakan prime lens berukuan lebih kecil dan ringan dibanding zoom lens.
  • Prime Lens Mencegah Fotografer Menjadi Malas – bila kita memiliki kamera yang dilengkapi zoom lens, akan muncul godaan untuk selalu menggunakan zoom sehingga membuat kita jarang berpindah tempat untuk mendapatkan angle yang bervariasi. Hal tersebut memang keuntungan utama dari zoom lens – namun juga dapat menyebabkan kemalasan pada fotografer. Pengguna prime lens akan lebih kreatif karena dipaksa lebih aktif untuk menghasilkan hasil foto terbaik.

Ada banyak hal yang disukai dari prime lens. Masing-masing fotografer memiliki alasan yang mereka sendiri. Namun tentu saja ada fotografer yang kurang menyukainya, berikut adalah alasannya:

  • Berat dan Harga – juga layak dipertimbangkan bahwa kita mungkin perlu membeli dua atau tiga prime lens untuk mencakup rentang focal length yang sama dengan satu zoom lens. Ini berarti harga menjadi mahal dan berat dalam tas semakin bertambah dalam tas dibanding kamera dengan hanya satu lensa.
  • Fleksibilitas – mungkin argumen yang paling kuat untuk tidak menggunakan prime lens adalah dapat membatasi foto yang dihasilkan fotografer. Misalkan kamera dengan prime lens 100mm digunakan untuk mengambil gambar seseorang saat pidato maka kita harus benar-benar menyesuaikan jarak dengan orang tersebut. Jika terlalu dekat gambar yang dihasilkan adalah hanya fitur wajahnya saja. Tetapi jika menggunakan zoom lens 24-105mm bisa didapatkan foto-foto wajah saja atau seluruh tubuh orang tersebut.

Jarang ada ‘terbaik’ dalam fotografi, baik dari segi teknik atau peralatan. Fotografer perlu mempertimbangkan dengan serius pembelian lensa prima, apakah sesuai dengan dengan keadaan dan kebutuhan mereka.

Beberapa pertanyaan berikut mungkin bisa membantu:

  1. Apa gaya fotografi yang akan digunakan? – Jika fotografi makro, mungkin perlu prime lens khusus untuk makro, jika fotografi anak-anak maka zoom lens yang fleksibel mungkin lebih baik).
  2. Apa perlu aperture cepat? – Jika sering mengambil foto dalam cahaya rendah dan f/2.8 dirasa tidak cukup – prime lens akan menjadi pilihan terbaik.
  3. Apa mau sering melakukan pergantian lensa? – Banyak prime lens berarti akan banyak terjadi pergantian lensa, sehingga bisa mengakibatkan risiko debu mengotori kamera.
  4. Berapa banyak lensa yang ingin kita bawa? – Pertanyaan ini berhubungan dengan kemampuan kita membawa tas kamera yang lebih berat.
  5. Berapa anggaran kita? – Biaya bisa menjadi penghalang jumlah dan kualitas lensa yang bisa kita miliki.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s