Fotografi Action

Dunia di sekitar kita selalu bergerak. Beberapa benda bergerak dengan perlahan, seperti tanaman atau kura-kura. Sedangkan lainnya bergerak jauh lebih cepat. Dari mobil, anak-anak, gelombang laut, dsb. Kita harus mencari cara-cara kreatif untuk menangkap dan menampilkan gerakan tersebut kepada penggemar fotografi. Proses pencarian, menangkap, dan menampilkan gerak itulah yang disebut dengan Action Photography.

Menampilkan Gerak

Setelah kita memilih subyek, kita harus memutuskan bagaimana cara menampilkan gerakan tersebut.

Ada dua cara utama:

  • Freeze
  • Cara ini paling efektif digunakan ketika kita menangkap momen di mana jelas terjadi pergerakan. Misalnya, seseorang sedang melompat atau surfer di tengah gelombang laut. Momen tersebut jelas tidak bisa terjadi tanpa gerakan, freeze adalah cara yang tepat untuk menunjukkan momen tersebut.
  • Motion Blur
  • Motion blur membantu pengamat foto bahwa saat gambar diambil gerakan sedang berlangsung. Cara ini bekerja dengan baik pada gerakan yang kurang dramatis seperti air yang mengalir.

Freeze dan motion blur juga dapat digabungkan dalam satu gambar. Ketika ada satu subyek yang bergerak dengan kecepatan lebih cepat dibanding subyek lainnya, dimungkinkan untuk memberikan efek freeze pada satu obyek sementara yang lain memiliki efek motion blur.

Shutter speed adalah alat utama fotografer untuk menangkap gerakan. Shutter speed yang diperlukan untuk melakukan freeze berbeda-beda berdasarkan subyek. Misalnya, untuk melakukan freeze pada cipratan air mungkin memerlukan shutter speed 1/1000 atau lebih cepat, sementara untuk mengambil gambar anjing yang berjalan mungkin hanya dibutuhkan shutter speed 1/250.

Penempatan Subyek

Setelah kita memutuskan apakah akan melakukan freeze, motion blur, atau campuran dua gaya tersebut, kita harus menentukan penempatan subyek dalam gambar. Aturan komposisi seperti rule of thirds masih berlaku untuk jenis fotografi ini.

Tujuan kita dalam fotografi action adalah menempatkan subyek sehingga diberikan ruang untuk melanjutkan gerakan. Pastikan gerakan tersebut cukup jauh dari tepi frame sehingga dapat menciptakan rasa visual dari gerakan yang berkelanjutan.

Ada pengecualian untuk aturan ini. Jika gerakannya pendek-pendek, kita dapat menempatkan titik fokus sehingga gerakan itu dekat dengan frame sehingga mata pengamat berhenti di sana. Dengan menggunakan teknik ini kita dapat memusatkan perhatian pada titik fokus gerakan. Sekali lagi, ini hanya baik digunakan pada gerakan yang pendek-pendek yang memiliki titik fokus.

Fotografi Action
Titik fokus dekat dengan frame

Contoh pada gambar karate di bawah ini, patahnya papan adalah titik fokus gerakan, tidak peduli ke mana gerakan tangan setelah itu.

Timing

Dalam fotografi action sangat sering waktu untuk menangkap momen sangat singkat. Meskipun banyak kamera sekarang memiliki fitur burst (di mana kamera dapat mengambil beberapa gambar dalam satu detik jika tombol shutter ditekan), fitur ini tidak selalu merupakan pilihan yang baik dalam fotografi action.

Dengan menggunakan burst, gambar diambil pada rentang waktu yang konstan, sehingga bisa membuat fotografer menjadi lengah. Hal ini menyebabkan kebiasaan menekan tombol shutter lebih awal dari yang momen yang diinginkan, dan berharap kamera mendapatkan gambar pada momen yang tepat.

Teknik burst hanya bekerja dengan baik pada gerakan yang dilakukan secara berulang-ulang. Dalam situasi tersebut, mode burst akan menghasilkan poin yang berbeda dari sebuah gerakan. Namun, dalam peristiwa yang singkat (seperti buah jatuh dalam air atau lompatan motorcross), mode burst kurang baik digunakan. Peristiwa tersebut tidak memungkinkan kamera untuk “menemukan” momen yang tepat. Oleh karena itu kita harus belajar untuk mengantisipasi gerakan sehingga tidak terlalu cepat atau lambat menekan tombol shutter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s