Baterai Kamera Digital SLR

Jika kita sudah punya kamera, kita membutuhkan beberapa baterai untuk dijadikan sumber daya. Harus diakui, kamera yang kita miliki akan menentukan jenis baterai yang akan digunakan. Beberapa kamera hanya menggunakan baterai isi ulang sementara yang lain memberikan fleksibilitas untuk menggunakan baterai AA standar.

Terlepas dari baterai SLR yang dibutuhkan, sangat disarankan untuk memiliki baterai cadangan (karena semua kamera digital SLR hanya dilengkapi satu baterai bawaan) – tentu kita tidak ingin kehabisan saat sesi pemotretan. Jika tidak yakin dengan jenis baterai apa yang digunakan oleh kamera kita, silakan lihat di tabel baterai di bawah.

Baterai Kamera SLR Film vs Digital

Dengan SLR film, kita bisa menggunakan baterai dalam waktu yang cukup lama tanpa menggantinya. SLR film menggunakan baterai kecil yang harganya relatif murah. Sedangkan baterai digital SLR hanya akan bertahan dari 1 sampai 2 minggu (tergantung pemakaian). Baterai SLR relatif lebih mahal: satu baterai harganya mulai dari Rp. 300 ribuan. Jadi kenapa dengan harga yang lebih mahal, baterai kamera SLR digital justru tidak tahan lama?

Bagaimana Kamera Digital SLR Gunakan Baterai

Saat mengambil gambar, kamera SLR digital memikul lebih banyak pekerjaan dibandingkan dengan kamera SLR film, antara lain:

  1. Menutup dan membuka shutter sebagai jalan masuk cahaya ke sensor.
  2. Menangkap informasi cahaya dan warna menggunakan sensor, dan meneruskannya ke prosesor kamera internal.
  3. Menyimpan gambar digital ke kartu memori.
  4. Menampilkan gambar untuk jangka waktu singkat pada kamera LCD.

Semua proses di atas membutuhkan banyak daya. Untungnya, baterai kamera SLR digital sekarang bertahan lebih lama dibandingkan dengan baterai kamera SLR digital terdahulu. Kita mungkin tidak perlu mengisi ulang baterai selama setidaknya satu minggu (dan bahkan lebih lama jika kita hanya menggunakannya untuk acara-acara khusus), kecuali jika kita adalah fotografer yang sangat agresif.

Jenis Baterai Digital SLR

Kamera yang kita pilih menentukan baterai yang dapat digunakan. Misalnya, semua kamera SLR digital Canon menggunakan baterai yang dapat diisi ulang seperti LP-E5 dan BP-511A, dan Nikon menggunakan EN-EL9 dan EN-El3a. Sedangkan banyak kamera SLR digital Pentax membutuhkan 4 baterai AA standar.

Terlepas dari baterai yang dibutuhkan kamera, ada beberapa jenis baterai yang umum digunakan:

  • Lithium Ion (Li-on) – Lithium Ion yang dapat diisi ulang dan dapat menyimpan daya untuk waktu yang lama. Baterai ini cukup mahal.
  • Nikel Metal Hydride (Ni-MH) – Ni-MH merupakan baterai yang biasanya digunakan sebagai pengganti untuk baterai AA standar, karena dapat diisi ulang.
  • CR-V3 – Sebuah baterai CR-V3 setara dengan 2 baterai AA standar, memiliki versi yang dapat diisi ulang dan non-isi ulang.

Jika kita dapat menggunakan baterai isi ulang, berikut adalah cara untuk membedakan mana yang akan bertahan paling lama: lihatlah nilai mAh (milli-Ampere-hour). Nilai tersebut menunjukkan berapa lama baterai akan bertahan saat terisi penuh. Angka yang lebih besar berarti bahwa kita akan dapat mengambil lebih banyak foto sebelum kehabisan baterai.

Grip Baterai

Jika benar-benar ingin mengambil foto dalam jumlah yang sangat banyak, mungkin sebaiknya kita berinvestasi untuk membeli grip baterai. Aksesoris ini ditambahkan pada bagian bawah kamera, sehingga kita dapat menggunakan beberapa baterai Li-on atau AA secara bersamaan.

Selain menjadikan kamera memiliki lebih banyak daya, grip baterai juga memiliki tombol shutter, dan kadang termasuk beberapa tombol yang sama seperti pada bodi kamera. Kontrol tambahan pada grip ini membuat kita lebih mudah mengambil foto potret saat memegang kamera secara vertikal. Harga grip bateri relatif mahal dan menambahkan berat pada kamera, tetapi sangat berguna bagi fotografer yang mengambil banyak foto.

Apakah Baterai Tambahan Sangat Diperlukan?

Jika kamera kita menggunakan baterai Li-on, maka jawabannya adalah ya. Berikut alasannya.

Sebuah baterai Li-on membutuhkan 2 sampai 3 jam untuk pengisian ulang. Bayangkan jika kita sedang mengambil foto pada acara penting dan baterai kita habis. Tanpa baterai cadangan, kita akan kehilangan banyak kesempatan mengambil foto karena harus mengisi ulang baterai. Mungkin saja kita berpendapat bahwa hal seperti itu tidak akan pernah terjadi.

Tapi di sini masalahnya: kamera SLR digital yang tidak terlalu baik dalam menunjukkan sisa daya baterai. Simbol untuk “baterai hampir habis” dan “baterai terisi 50%” mirip satu sama lain. Jika kita dalam sesi mengambil gambar, akan mempersulit untuk mengetahui berapa banyak daya yang tersisa. Kita mungkin sudah berhati-hati dengan selalu mengisi penuh baterai sebelum melakukan sesi pengambilan gambar, tapi tetap ada saat-saat ketika baterai habis tak terduga. Memiliki baterai cadangan memungkinkan kita tetap mengambil foto sehingga momen spesial tidak terlewatkan.

Tabel Baterai Kamera Digital SLR

Tabel berikut ini adalah kumpulan dari semua model kamera digital SLR saat ini dan baterai yang mereka gunakan. Gunakan untuk menentukan jenis baterai setiap kamera dan baterai cadangan yang untuk kamera kita, atau mengetahui jenis grip baterai untuk setiap kamera.

Manufaktur Model Baterai Grip Baterai
Canon Rebel XT NB-2LH BG-E3
Rebel xTi NB-2LH
Rebel XSi LP-E5 BG-E5
20D BP-511A BG-E2N
30D BP-511A BG-E2N
40D BP-511A BG-E2N
5D BP-511A BG-E4
Nikon D40 EN-EL9
D40x EN-EL9
D50 EN-EL3a
D60 EN-EL9
D70 EN-EL3a
D70s EN-EL3a
D80 EN-EL3e MB-D80
D200 EN-EL3e MB-D200
D300 EN-EL3e MB-D10
Olympus E-330 BLM-1
E-410 PS-BLS1
E-420 PS-BLS1
E-500 BLM-1
E-510 BLM-1
E-520 BLM-1
E-3 BLM-1 HLD-4
Pentax K100D 4 AA
K200D 4 AA
K110D 4 AA
K10D D-LI50 BG2
K20D D-LI50 BG2
Sony A100 NP-FM55H
A200 NP-FM500H VG-B30AM
A300 NP-FM500H VG-B30AM
A350 NP-FM500H VG-B30AM
A700 NP-FM500H
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s