Cara Mengganti Lensa Kamera DSLR

Salah satu keuntungan dari DSLR adalah fotografer dapat menukar lensa pada bodi kamera untuk mendapatkan berbagai efek fotografi. Mengganti lensa pada kamera merupakan langkah penting dalam bidang fotografi. Memiliki dan menggunakan banyak lensa menawarkan perspektif atau keuntungan tersendiri dalam pengambilan gambar. Kamera DSLR memiliki mekanisme untuk mengganti lensa dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah beberapa teknik untuk mengganti lensa DSLR. Keuntungan dari teknik ini, adalah sangat cepat dan mudah, dan meminimalkan risiko masuknya debu pada sensor kamera.

  1. Hindari mengganti lensa di lingkungan berisiko (di mana ada angin, air, debu, dll).
  2. Matikan kamera sebelum mengganti lensa. Pada beberapa kamera, sensornya memiliki muatan listrik yang akan menarik debu seperti magnet.
  3. Siapkan lensa pengganti sebelum melakukan pergantian sehingga kamera tidak terbuka untuk jangka waktu yang lama.
  4. Pegang bodi kamera dengan satu tangan dan pegang lensa dengan tangan yang lain. Arahkan kamera ke bawah ketika mengganti lensa.
  5. Tekan tombol pelepas lensa, biasanya terletak pada bodi kamera di dekat lensa. Mungkin lebih mudah jika menekan tombol dengan jari pada tangan yang sedang memegang bodi kamera. Dengan demikian kita masih dapat memegang lensa dengan baik.
  6. Pegang kamera terbalik (dengan lensa menghadap ke bawah) ketika mengganti lensa – sehingga tidak memungkinkan debu masuk ke dalam kamera (kecuali ada angin yang berhembus ke dalamnya).
  7. Lanjutkan menekan tombol pelepas lensa, dan perlahan-lahan putar lensa menjauh dari bodi kamera. Tidak perlu dipaksa, karena seharusnya lensa dapat dengan mudah dilepas. Jika tidak, pastikan tombol pelepas ditekan sepenuhnya.
  8. Pegang bodi kamera dengan aman, sementara menyelaraskan lensa baru pada kamera tersebut. Tanda petunjuk penyelasaran ada dua, satu terletak pada lensa, sedangkan yang lain pada bodi kamera. Tergantung pada kamera DSLR yang kita punya, panduan penyelarasan mungkin bervariasi. Beberapa kamera dapat berupa dua titik, sedangkan tipe lain mungkin berbentuk dua garis kecil.
  9. Periksa lensa yang sebelum memasangnya, apakah terdapat debu – jika ada gunakan blower untuk membersihkannya.
  10. Sejajarkan tanda petunjuk penyelarasan keselarasan dan putar lensa ke dalam bodi kamera dengan arah yang berlawanan dari cara saat melepasnya. Lensa harus tepat ke tempatnya. Jika tidak, pastikan tombol pelepas lensa tidak ditekan.
  11. Pasang tutup pada kedua lensa. Simpan dengan aman dalam tas kamera.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s