Memilih Memory Card

Fungsi memory card menyerupai film pada kamera tradisional, yaitu menyimpan setiap hasil pengambilan gambar. Bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Kamera saya sendiri, Canon EOS Rebel T2i/550D, menggunakan memory card jenis Secure Digital (SD) dengan kapasitas maksimal 4 GB. Jangan pelit membelanjakan uang saat membeli memory card.

Jenis memory tersebut juga sering dijumpai pada kamera saku. Apapun merknya, perhatikan petunjuk berikut saat memilih memory card:

  • Ukuran sangat berpengaruh. Canon Rebel yang mempunyai resolusi mencapai 18 MP, akan membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan, terutama jika format yang digunakan adalah RAW atau RAW+JPEG. Gunakan memory card dengan kapasitas penyimpanan minimal 4 GB.
  • Pertimbangkan untuk membeli memory card jenis High Capacity (SDHC). Memory card jenis tersebut pada umumnya lebih cepat, baik saat proses penyimpanan atau pemindahan file ke komputer. Memory card jenis ini memiliki kapasitas maksimal 32 GB. Penggunaan SDHC akan meningkatkan performa pengambilan gambar dengan mode Burst. SDHC dibedakan ke dalam kelas-kelas, semakin tinggi kelasnya, semakin cepat SDHC tersebut dalam proses penyimpanan atau pemindahan.
  • Beli satu lagi memory card. Jika sudah punya satu, pertimbangkan untuk memiliki satu lagi memory card sebagai cadangan. Dengan demikian kita tidak perlu menghapus atau menurunkan kualitas foto saat kapasitas memory card akan habis, sehingga kita bisa terus mengambil gambar.
  • Jika ada uang berlebih, belilah memory card yang mempunyai kecepatan setinggi mungkin. Pertimbangkan untuk memiliki memory card jenis SDXC (Extended Capacity). Meskipun nampak sama seperti jenis SD atau SDHC, memory card jenis SDXC dibuat dengan spesifikasi khusus yang memungkinkan kapasitas memory di atas 32 GB. Tetapi perlu diingat, memory card jenis ini hanya bisa di-share dengan perangkat lain yang kompatibel dengan SDXC. Selain itu, format-lah kamera SDXC hanya melalui kamera.
Iklan

3 responses to “Memilih Memory Card

  1. makasih tips nya mbak.. sangat bermanfat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s