Penjelasan Singkatan Pada Lensa

Memutuskan lensa apa yang ingin dibeli dapat membingungkan. Singkatan-singkatan yang tertera pada deskripsi lensa justru makin menambah kebingungan jika kita tidak mengerti artinya. Masing-masing singkatan sangat penting dimengerti agar lebih memahami spesifikasi lensa.

Beberapa merk lensa memiliki singkatan yang spesifik, tetapi beberapa lainnya dijadikan singkatan standar oleh kebanyakan merk lensa.

ED

Extra-low Dispersion – Ini berarti bahwa lensa memiliki pergeseran warna yang sangat sedikit ketika fokus. Warna tidak selalu fokus pada titik yang sama.

Chromatic Abberation

Chromatic Abberation

Lensa ED dirancang untuk meminimalkan masalah ini dan mengurangi tepian warna yang kadang-kadang terlihat di sekitar subyek fotografi (chromatic aberration). Salah satu tepian yang paling sering muncul adalah ungu (kombinasi dari warna merah dan biru yang Out of Focus) yang mengurangi ketajaman gambar.

IF

Internal Focus – Ini berarti bahwa proses memfokuskan dilakukan di dalam lensa, bukan dengan memutar lensa. Hal ini menyebabkan lensa lebih kompak dan cepat.

IS

Image Stabilization – Ini adalah teknologi yang digunakan untuk memungkinkan pengambilan gambar dengan shutter speed lambat meskipun kamera dipegang menggunakan tangan, bukan tripod. Pada dasarnya teknologi ini melakukan proses internal pada lensa untuk menyesuaikan dengan gerakan tubuh fotografer sehingga dapat menetralkan efek gerakan pada gambar yang dihasilkan. Beberapa merk menempatkan teknologi IS dalam body kamera tapi ada juga merk kamera yang menempatkan teknologi IS hanya di lensa tertentu.

Macro

Macro – lensa Macro adalah lensa yang memiliki optik untuk perbesaran subyek tingkat tinggi. Lensa macro “sebenarnya” menghasilkan gambar pada rasio ukuran yang sama seperti pada kondisi nyata yaitu 1:1. Tapi ada beberapa lensa macro yang menghasilkan perbesaran kurang dari 1:1. Fotografi yang memiliki rasio lebih besar dari 1:1 masuk dalam kategori photomicroscopy, sering didapatkan dengan penggunaan mikroskop digital.

USM

Ultrasonic Motor – Ini adalah tipe khusus dari motor dalam sebuah lensa autofocus modern yang memungkinkan fokus sangat cepat bergeser dengan suara sangat pelan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s