Mendapatkan Foto Jejak Bintang

Salah satu hal paling keren yang dapat kita lakukan dengan kamera pada malam hari adalah memotret jejak bintang. Yang dibutuhkan adalah kamera yang mempunyai mode Bulb, tripod, dan remote shutter (kabel atau wireless). Selain itu, juga diperlukan waktu yang agak lama.

Foto Jejak Bintang

Foto Jejak Bintang

Berikut ini adalah langkah-langkah dasar yang perlu diikuti:

  • Saat mengambil foto, hindari sumber cahaya langsung. Karena fotografi jenis ini membutuhkan shutter speed yang sangat lama, maka cahaya langsung dapat berpotensi merusak gambar.
  • Mencari fokus dalam kondisi gelap sangat sulit dilakukan, sehingga pastikan semuanya dilakukan dengan benar sebelum sesi pengambilan foto dimulai. Jika melibatkan obyek di latar depan, cobalah sinari obyek tersebut sehingga proses autofocus menjadi lebih mudah. Jika fokus utamanya adalah bintang-bintang, ambil beberapa sampel foto terlebih dahulu untuk memastikan fokusnya sudah akurat.
  • Meskipun proses penyesuaian white balance dapat dilakukan pada proses pasca produksi, ada baiknya jika pengaturan white balance di kamera sudah benar. Atur white balance ke Tungsten akan menciptakan suasana dingin. Atau sebaliknya, atur white balance ke 10000o Kelvin, untuk memberikan kesan cahaya oranye.
  • Setelah komposisi dan fokus sudah didapatkan, atur mode shutter ke Bulb.
  • Set kamera ke nilai aperture yang lebar. Umumnya f/3.5 – f/4. Kadang jika menggunakan aperture yang lebih lebar, misalnya f/2.8, hasilnya menjadi kurang detail.
  • Set ISO ke 200 (atau 100 jika muncul noise terlalu banyak).
  • Tekan remote dan membiarkan shutter terbuka hingga sekitar 30 menit…
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s