Menyimpan Kamera Selama Tidak Digunakan

Jika berencana pergi seminggu atau lebih tanpa membawa kamera digital, penting untuk menyimpannya dengan aman. Jika tidak, bisa menyebabkan kerusakan pada kamera. Pertimbangkan untuk menggunakan tips berikut ini untuk belajar bagaimana menyimpan kamera digital dengan aman.

  • Hindari peralatan elektronik. Ketika menyimpan kamera digital, hindari menempatkan kamera di dekat perangkat elektronik yang menghasilkan medan magnet. Pengaruh medan magnet yang kuat dapat merusak LCD kamera atau komponen elektronik lainnya.
    Hindari suhu ekstrim. Pastikan menyimpan kamera di tempat yang tidak mengalami fluktuasi suhu yang ekstrem. Suhu panas dapat merusak body kamera, sementara suhu dingin dapat merusak LCD kamera.
    Hindari kelembaban tinggi. Menyimpan kamera di lokasi yang sangat lembab dapat menyebabkan kondensasi di dalam lensa sehingga bisa merusak foto dan bagian internal kamera. Selain itu, juga bisa menimbulkan jamur di dalam kamera.
    Hindari sinar matahari. Jangan menyimpan kamera di lokasi dengan sinar matahari yang panas untuk waktu yang lama. Matahari langsung, dan panasnya, dapat merusak body kamera.

Jika tahu akan tidak menggunakan kamera digital lebih dari sebulan, cobalah tips-tips tambahan untuk menyimpan kamera digital dengan aman.

  • Lindungi kamera. Jika perlu, pertimbangkan untuk menempatkan kamera dalam dry box dengan penyerap kelembaban (silica gel), hanya untuk memberikan perlindungan tambahan.
  • Lepas komponen. Keluarkan baterai dan kartu memori dari kamera bila tidak menggunakannya selama satu bulan atau lebih. Selain itu, ada baiknya untuk melepas lensa dan menutupnya dengan lens cap.
  • Nyalakan kamera. Beberapa produsen merekomendasikan untuk menyalakan kamera sekali sebulan, hanya untuk menjaga komponen elektronik di dalam kamera tetap segar. Cek buku panduan kamera mengetahui rekomendasi spesifik tentang cara menyimpan kamera digital.

Menyimpan kamera digital dengan benar sangat penting untuk mencegah kerusakan. Semoga tips ini akan membantu.

Iklan

2 responses to “Menyimpan Kamera Selama Tidak Digunakan

  1. thanks gan tipsnya cara menyimpan kamera yang tidak dipakai

  2. Nice info 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s