Tips Fotografi Saat Musim Hujan

Musim hujan dapat merusak motivasi untuk beraktivitas fotografi, tetapi hal tersebut seharusnya bukan berarti dapat merusak kamera dan kemampuan pengambilan foto.

Bahkan jika kamera yang digunakan tidak tahan air, masih ada cara yang dapat kita lakukan untuk mengambil gambar. Justru dengan demikian, kita dapat menghasilkan beberapa foto yang cantik.

Jika kita berada di tengah hujan, kita bisa memakai mantel untuk menjaga pakaian agar tidak basah. Dalam hal ini, kita juga bisa melindungi kamera menggunakan hoodie atau penutup kepala mantel tersebut. Setiap kali kita siap, keluarkan kamera dan lakukan pengambilan foto dengan cepat untuk mencegah kontak kamera dengan air hujan dalam jumlah yang berlebihan. Untuk hasil tercepat, gunakan mode Aperture Priority.

Pasang hoodie di atas kepala, dan bawa kamera sedekat mungkin dengan wajah saat mengambil foto. Hoodie akan bertindak sebagai pelindung kamera saat kita mengambil foto. Lensa akan sedikit menonjol, tetapi jangan khawatir lensa kita akan mampu menahan hujan sampai suatu titik tertentu.

Sebagai alternatif, apa yang dapat kita lakukan adalah melepas hoodie dan membungkuskannya pada kamera. Ini jelas berarti bahwa kita akan basah, tetapi lebih kita yang basah daripada harus mengganti kamera dengan yang baru :).

Membungkus kamera dengan kantong plastik

Membungkus kamera dengan kantong plastik

Tentu saja, selalu ada cara lain untuk melindungi kamera dari hujan. Hal ini melibatkan penggunaan tas belanja plastik atau kantong freezer yang dilubangi agar sesuai dengan lensa yang digunakan. Cara ini memberikan lebih banyak perlindungan untuk kamera, tetapi dapat merepotkan dalam penggunaan.

Selain itu, jika tas kamera tidak memiliki penutup hujan, pertimbangkan untuk selalu menyimpan kantong plastik dalam saku. Sehingga jika kita terjebak dalam hujan yang lebih deras, kita dapat segera menyimpan tas kamera ke kantong plastik tersebut sambil segera mencari tempat untuk berteduh.

Selain dua cara tersebut, kita juga bisa mengambil foto dari tempat berteduh. Tempat tersebut dapat berupa tenda, teras, pohon yang rindang, payung, mobil, dll yang akan sangat membantu karena kita dapat lebih berkonsentrasi pada pengambilan foto.

Jangan terlalu cemas, kamera kita lebih kuat dari yang kita bayangkan. Kamera tidak akan rusak hanya karena terkena beberapa tetes hujan.

Cukup gunakan akal sehat dan meminimalkan eksposur kamera.

Iklan

One response to “Tips Fotografi Saat Musim Hujan

  1. terima kasih tipsnya kak, selalu siap sedia saat motret saat hujan ini.
    pas lagi musim hujan, tips lain saya ada disini soal fotografi > http://wp.me/p3upuC-zO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s